Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Seminar Nasional Strategi Masuk PTN Pavorit di Era Perubahan 2023 Bersama Primagama Powered By Zenius dan Guru BK








 xbintangindo.com|Kota Tangerang

New Primagama Powered By Zenius Tangerang Raya melakukan kegiatan  Seminar Nasional dengan mengusung tema "Strategi Masuk PTN Pavorit di Era Perubahan Proses Seleksi Masuk PTN 2023" Untuk mewujudkan pelajar unggulan, yang akan menjadi tantangan Tugas serta Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Sekolah, 


Selain perubahan kurikulum hal terpenting yang mampu mengubah pendidikan  sesungguhnya adalah pola pikir pelaku pendidik dalam melihat esensi pendidikan itu sendiri,

pemangku kepentingan pendidikan perlu menghadirkan ekosistem yang membuat siswa mampu mengembangkan diri secara optimal.


Menyikapi pentingnya hal ini, New Primagama Powered By Zenius Tangerang Raya bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Budi Mulya menyelengarakan seminar Nasional Bimbingan Konseling (BK) Strategi Masuk PTN di Era Perubahan yang diselenggarakan  di-Aula SMAS Budi Mulya Jln. Hos  Cokroaminoto No 01, Rt. 001 Rw. 005 Sudimara Jaya Kecamatan Ciledug - Kota Tangerang Banten.


Seminar berlangsung pada pukul 08.30 - 11.30 WIB, dengan Penanggung jawab Teritorial Manager DEBOTABEK  H. Akhmad Bastari. ST, dan Setiawan. M.T selaku narasumber dari (Konsultan Ahli Akademik New Primagama Powered By Zenius) juga Dr. Moh. Suryadi S. SE.,MM ( KYPBM) yang diikuti 100 peserta Guru Bimbingan Konseling (BK) dari Sekolah SMA & SMK Kota Tangerang, Kab.Tangerang & Tangerang Selatan (Tangerang Raya) pada Kamis, (13/10/2022).


Dalam hal kegiatan seminar Pasilitas dan manfaat yang akan diperoleh peserta

Kegiatan ini gratis, dan terbuka untuk seluruh guru (BK) SMA & SMK se-Tangerang. Peserta akan mendapatkan Hand Out materi seminar, souvenir menarik, Penggantian biaya transportasi peserta (Rp.150.000- per sekolah) dan juga penawaran kerjasama yang menarik." 


Dalam pemaparannya Setiawan. M.T selaku narasumbe dari (Konsultan Ahli Akademik New Primagama Powered By Zenius) menjelaskan, Perubahan jalur masuk PTN  dibulan Nopember yang semula UTBK manjadi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dilakukan berdasarkan Prinsif dan skema dengan tujuan agar

*Pembelajaran bisa menyeluruh dan mendalam

*Mendorong peserta didik untuk memiliki kemampuan penalaran

*Melahirkan sistem penerimaan yang lebih inklusif dan mengakomodasi siswa dari berbagai kelas sosial

*Proses penerimaan mahasiswa baru lebih transparan

*Bisa lebih terintegrasi dengan berbagai macam program dari calon mahasiswa." 


Dengan adanya era purbahan Jalur masuk PTN ( Perguruan Tinggi Negri ) Pavorit 2023 ini memiliki tiga jalur seleksi, yang berdasarkan Jalur SNMPTN menjadi SNBP, Jalur SBMPTN menjadi SNBT, dan Jalur Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN pavorit tertentu."


Lebih jauh dijelaskan, Guru BK memiliki peranan yang penting dan sebagai sentral di tiap-tiap satuan pendidikan, Selain tugas utamanya sebagai fasilitator Guru BK juga harus bisa memahami perilaku serta memberikan konseling kepada siswa sehingga dapat membantu siswa dalam mengatasi setiap permasalahan dalam penerapan Kurikulum.


Dan tidak hanya sampai disitu, Guru BK berperan dalam membantu siswa baik dengan cara memberi penyuluhan, mengarahkan, membekali, melakukan diskusi serta tanya jawab atau konseling secara perseorangan kepada siswa kaitannya untuk membantu siswa dalam proses peralihan dan mencari informasi jalur masuk ke perguruan tinggi sasaran siswa." Paparnya.


Disesi yang sama Ketua Yayasan Pendidikan Budi Mulya Dr. Moh. Suryadi S, SE,.MM. Kegiatan seminar ini diikuti oleh 200 Guru (BK) dari wilayah Tangerang Kota, Kabupaten Tangerang Tangerang Selatan ( Tangerang Raya). dan tujuan dilaksanakan seminar ini menurutnya, untuk mengembangkan komitmen profesional dan akuntabilitas Guru BK dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas layanan BK sesuai perkembangan peserta didik.


Harapannya Semoga dengan adanya seminar ini, bisa memberikan pencerahan bagi semua guru Bimbingan Konseling (BK) untuk bisa memadukan kualitas dan intergritas." Harapnya.


( Red/xbi/ Urip

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *