Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Warga Kp. Candelekan Protes Keras Adanya Aktivitas Pembakaran Sampah Limbah Pabrik,









Tangerang.|xbintangindo.com

Warga Kampung Kp candelekan RT 07/002 Desa Cikande, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang. Keluhkan dengan adanya aktivitas pembakaran sampah limbah pabrik di antara lain Limbah Plastik, Resin, potongan Sepatu dan Lem, sangat terasa dampak Bau Tak sedap sehingga mengakibatkan salah satu warga setempat Ismad (40) mengalami sesak nafas sehingga di larikan ke Klinik Terdekat untuk mendapatkan perawan intensif, Minggu, 21/8/2022


Selain membuat kualitas udara di sekitar menjadi penuh asap, dan sangat Berdampak Bau tak sedap, pengerukan yang dilakukan di atas tanah lapang milik Idis Bewok (60 an) warga desa Cikande, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, yang di duga sebagian lahan tersebut yang terletak bantaran kali cidurian Milik Pemerintah PUPR bahkan ada penyempitan Kali, dan kuat dugaan limbah tersebut disinyalir mengandung limbah B3. Berdasarkan pantauan awak media di lokasi, sejumlah warga protes keras bahkan masyarakat akan melakukan aksi (Demo) Penggunaan masker ini akibat pembakaran sampah besar-besaran yang berujung timbulnya asap dan Bau tak sedap dan sangat mengganggu pernapasan masyarakat.


Menurut keterangan salah satu warga setempat Komeng (32) mengatakan, dirinya merasa sangat terganggu dengan adanya aktivitas pembakaran limbah sampah yang di duga mengandung B3. Bahkan ada salah satu warga sekitar sesak nafas sehingga di larikan ke klinik terdekat.


"Dengan ada aktivitas pembakaran limbah dari berbagai pabrik ini yang di lakukan oleh peliknya Idis Bewok, kami merasa keberatan yang mana limbah tersebut sangat mengganggu pernafasan warga, pada saat ini ada salah satu anak toko masyarakat disini mengalami sesak nafas dampak dari asap dan Bau pembakaran limbah ini. Untuk saat ini korban Ismad (40) sedang di rawat salah satu klinik terdekat kami mendapatkan informasi dari pihak medis (dokter) korban mengalami terkontaminasi  limbah tersebut. Bahkan kami juga akan menjalankan aksi demonstrasi agar proses pengelolaan limbah tersebut di tutup untuk selamanya. Karena kalau di biar tidak menutup kemungkinan ada korban-korban lain yang mengalami nasib yang serupa" jelas komeng


Dengan adanya keberatan warga setempat pihak desa Ahmad Badrudin, selaku Sekretaris Desa (Sekdes) mengatakan ke awak media "Kami awalnya mendapatkan laporan dari masyarakat setempat bahwa di kampung Candelekan Rt. 007/002 Desa Cikande, ada pembakaran limbah yang menimbulkan Bau tak sedap, saya beserta staf langsung mengecek ke lokasi ternyata benar apa yang di laporkan oleh masyarakat, dan kami juga mencoba melakukan penyiraman menggunakan diesel namun dampak bau limbah tersebut masih terasa bahkan bau nya semakin menyengat. Tadi saya juga telah mendapatkan informasi dari warga, tadi sore ada warga mengalami sesak nafas sehingga di larikan ke klinik terdekat, kami pihak desa akan berkordinasi kepala pihak terkait seperti, kecamatan, kepolisian dan dinas damkar kabupaten tangerang. Dan kami juga akan menyampaikan apa yang menjadi keinginan warga. Kalau memang hak ini di haruskan ada penutupan" tegas Sekdes.

Redaksi xbi//

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *